Curhat Bareng KMI (CBK) – 7 Oktober 2017


بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ 
 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 
Berikut pertanyaan beserta jawaban dari CBK(Curhat Bareng KMI) 
yang diadakan pada Hari Sabtu, 7 Oktober 2017(17.00-20.00)
Semoga dapat bermanfaat
___

Pertanyaan 1 :
Apakah benar kalau pertikaian antara arab dan qatar dikarenakan penuduhan yang berkaitan dengan terorisme?

Jawab :
Ketika kita mendapatkan isu-isu yang berkembang di media, maka perlu adanya penyaringan media yang mengawal isu itu dan mendekati fakta yang di lapangan. Melalui beberapa info yang didapatkan bahwasanya konflik Arab dengan Qatar dipicu oleh hal kompleks, salah satunya ada yang memberitakan kalau Qatar lebih dekat dengan Iran, sedangkan negara-negara timur tengah tidak suka dengan keberpihakan Qatar ke Iran karena Iran merupakan salah satu negara yang penduduknya mayoritas syiah. itu salah satu  contoh permasalahan antara Qatar dan Arab Saudi yang tersebar di media.

_____

Pertanyaan 2 :
Aku mau nanya nih, dlu aku pernah ngelanggar sumpah atas nama allah untuk bertaubat tapi malah kululangi lagi, sering sampe lupa sudah berapa kali, tapi akhirnya sekarang sudah gak pernah lagi, gimana itu ya kira2

Jawab :
Taubatan nasuha adalah taubat yang dilakukan oleh seorang hamba pada sang pencipta dengan sungguh-sungguh yang meliputi beberapa syarat: memohon ampun kepada Allah, ikhtiar dengan sunguh-sungguh untuk tidak melakukan dosa itu kembali, berusaha melakukan hal-hal yang baik untuk menutup dosa yang telah kita perbuat.

Kalau kasus seperti ini, istilahnya adalah tobat sambel, lalu bagaimana hukumnya? 
Nah, Allah selalu membuka pintu taubat untuk setiap hambaNya setiap saat. Bahkan Allah menunggu hambaNya untuk bertaubat dari pagi hingga sore dan dari sore hingga pagi kembali.
Hadistnya: “Allah tidak akan jemu sampai kalian sendiri yang merasa jemu”.
Maksudnya adalah Allah tidak akan sakit hati atau tidak terima taubat seorang hamba tapi dia masih melakukan dosa tersebut, sampai hamba tersebut merasa jemu dengan dosa yang dia lakukan selama ini.

_____
Pertanyaan 3 :

Dengan Tuhan yang telah menulis segalanya di lauhul Mahfudz, mengapa Tuhan mau menuliskan tentang pembunuhan dan berbagai kejahatan sebagai bagian tak tepisahkan dari manusia sehingga ada manusia yang masuk Neraka dan masuk Surga? Jika tujuannya hanya untuk beribadah,kenapa tidak menciptakan makhluk yang selalu beribadah dan bertasbih layaknya malaikat? Mengapa Tuhan menciptakan makhluk yang memiliki sifat membangkang? Apakah sifat itu sengaja diciptakan? Kalau jawabannya dikarenaka adanya setan yg ingin mensesatkan manusia, kenapa dari awal tidak ditakdirkan saja setan itu bersujud kepada adam dan kita semua bisa menikmati indahnya surga?
Pastinya tuhan tahu atas segalanya baik yang akan terjadi maupun yg sudah terjadi

Jawab :

Takdir terbagi menjadi 2, yaitu Qodlo(tidak bisa diubah) dan Qodar(bisa diubah). Takdir Qodlo’ adalah takdir yang telah terjadi dan kita tidak bisa mengubahnya, contohnya kita dilahirkan dari keluarga kaya, miskin atau yang ekonominya sedang. Itu telah terjadi dan kita tidak bisa mengulanginya. Bicara mengenai ketetapan Allah yang telah tertulis di Kitab Lauhul Mahfudz semua yang ada di kitab itu  bisa diubah sesuai dengan kehendak Allah dan usaha manusia. Dalil pertama Ar-Ra’d 11 “Allah tidak akan mengubah suatu kaum sampai kaum tersebut mengubah nasibnya sendiri.” Dalil kedua dalam surat Ar-Ra’d ayat 39 yang artinya “Allah menghapus dan menetapkan apa yang Dia kehendaki. Dan disisi-Nya terdapat Ummul Kitab (Lauhul Mahfudz).” 
Manusia diciptakan Allah salah satunya sebagai khalifah di muka bumi ini dan Allah lebih mengetahui apa yang tidak makhluk-Nya ketahui dalam urusan penciptaan manusia. Dari sini kita telah mengetahui bahwa Allah itu punya maksud tersendiri dalam penciptaan manusia dengan karakteristik manusia itu sendiri yang dalam ini memiliki sifat lupa, salah dll.

_____

Pertanyaan 4 :
Kenapa aku susah banget buat bangun sholat tahajud ya

Jawab :
Perlunya memperbaiki niat dan perbaiki ikhtiar agar lebih bersungguh-sungguh lagi, sertakan berdoa jangan lupa.
Jangan lupa juga perbanyak istighfar. Hehe.

_____

Pertanyaan 5 :
Min, hidup aku kok gini amat yak? Temen-temen SMA ku yang lain sukses-sukses, sedangkan aku ya.. gini-gini aja, setiap pulang kampung agak down mentalnya, soalnya orang daerah ku nggak tau itu UPN, dan itu pasti dibandingkan dengan saudara & teman² saya yang pernah di U**,bahkan S***.
Kasih tips dong min biar hidup aku bisa lebih sukses lagi, biar ortu ku lebih seneng

Jawaban :
Hadapi, jalani, syukuri, nikmati karena Allah menempatkan hamba itu di tempat yang baik, jangan pernah membandingkan diri dengan orang lain karena kita tidak bakal tahu rasanya nikmat Allah, belum tentu ketika kamu masuk U** atau S*** kamu bakal bertemu orang-orang yang baik sekarang, baca surat Ar-Rahman. Tetap lakukan yang terbaik untuk orang tua, improve diri dan perbanyak jaringan.

Mungkin kita punya rencana yang bagus, tetapi Allah lebih mengerti apa yang hamba-Nya butuhkan, dan pasti akan jauh lebih indah daripada rencana kita.
_____
Pertanyaan 6 :
Min, apa sih obat paling ampuh dari rasa benci

Jawaban :
Allah menurunkan satu penyakit dengan dua obat. Penyakit benci obatnya ikhlaskan dan perbanyak istighfar. 
The power of Ikhlas, narimo ing pandum, legowo..
_____
Pertanyaan 7 :
Gimana sih caranya nyemangatin temen2 biar tetep bertahan sama2 di KMI?

Jawab :
Dengan mengembalikan/mengorientasikan kembali tujuan awal teman-teman masuk KMI. Dan terus berusaha memberikan rasa nyaman kepadanya, serta terakhir jangan lupa untuk mendoakan antar sesama 😊. Jangan lupa saling menguatkan ikatan antara kita.
_____
Pertanyaan 8 :
Cara cepat menghafal quran gimana?

Jawab :
Perbaiki dan perkuat niatan karena Alloh, berdoa dan berikhtiar semaksimal mungkin, serta menjauhi dari maksiat kepada Alloh Ta’ala.
_____
Pertanyaan 9 :
Oh ini kak, aku pengen baikan sama temenku SMA tapi ga tau caranya😢 

Jawab :
Mungkin bisa dicoba, pertama dari kakaknya itu tidak perlu mempermasalahkan siapa yang benar ataupun yang salah. Orang yang minta maaf terlebih dahulu lebih utama dibanding orang yang memaafkan. Selain itu bisa kok kak langsung tegur sapa saja (sok akrab), atau lebih baik lagi silaturahmi saja kak ke tempat tinggalnya, berani ‘kan kaak?? Pasti berani laahh.
 Wallahu Ta’ala’ Alam Bishawab

Hamasah Lillah
Jika merasa kurang berkenan bisa menghubungi OA Line KMI dan persiapkan pertanyaan untuk sesi selanjutnya.
 وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Informasi mengenai CBK lebih lanjut hubungi OA LINE KMI UPNVYK(@ouj1739e)
Atau https://line.me/R/ti/p/%ouj1739e

Leave a Comment