Curhat Bareng KMI (CBK) – 30 September 2017

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ 
 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 
Berikut pertanyaan beserta jawaban dari CBK(Curhat Bareng KMI) 
yang diadakan pada Hari Sabtu, 30 September 2017(17.00-20.00)
Semoga dapat menjawab pertanyaan yang ada^^
__
Pertanyaan 1 :
apa hukum OSPEK dalam pandangan islam?
Jawab :
Selama konteks OSPEK bertujuan untuk mengenalkan kondisi kampus selama tidak bertentangan dengan syariat itu boleh. Di dalam islam juga ketika kita tidak mengetahui sesuatu, kita diwajibkan untuk mencari kebenaran dari sesuatu tersebut, contoh kecil mengetahui fiqih ibadah agar kita lebih paham kenapa kita diperintahkan untuk beribadah.
_____
Pertanyaan 2 :
Karena sudah paham tentang menutup aurat yaitu memakai kerudung harus yang menutup dan berpakaian yang layak, tidak ketat dan memakai rok bukannya celana. Namun jika orang tua pernah bilang kalau berpakaian itu harusnya yg modis layaknya wanita jaman sekarang, menurut admin apa yg seharusnya dilakukan? Sebenarnya saya sadar bahwa orang tua menyarankan itu untuk kemudahan diri saya sendiri.
Jawab :
Setiap hijrah pasti ada pertentangan terutama orangtua, berpakaian syar’i tidak menghalangi untuk menggapai cita-cita kok. Pahamkan orang tua pelan-pelan, yang terpenting ada tekad dari diri kita sendiri untuk berubah jadi lebih baik dan berpakaian syar’i. Tapi anak yang sholeh dan sholehah yang mentaati Allah akan menolong ortunya di akhirat kelak. Katakan saja jika memakai pakaian ketat itu tidak baik untuk kesehatan. Jangan lupa berdo’a agar dimudahkan dalam membuka pintu hati orangtua 

Jadi, pelan-pelan saja kalau mau hijrah di depan ortu, dan jangan kelihatan kalau kita sok tau di depan ortu. Perlahan ubah sikap kita ke ortu, jadi lebih suka tersenyum, lebih berbakti, dan kalau mau pakai pakaian syar’i jangan sampai “kelihatan ribet” kalau di depan ortu, kalo ortu belum bisa menerima tidak apa-apa pakai jilbab yang di rumah tidak panjang-panjang sekali tidak apa-apa, tapi tetap ada progresnya. Itu sih yg penting kalau kita berhijrah ingin syari, ubah juga sikap kita ke ortu, jadi lebih santun, berbakti, suka senyum, jangan suka marah-marah di depan ortu. Jadi intinya ortu yakin kalo jalan yang kita pilih itu benar-benar membuat kita menjadi anak yang lebih baik.
_____
Pertanyaan 3 :
Mau nanya min, kalo misal kita nolong orang, tp dengan persaan gak ikhlas dan emosi, tetep dapet ganjaran nggak ya? 
atau malah dapat dosa?
Jawab :
Segala amal dinilai berdasarkan niatnya, menolong orang itu sangat dianjurkan. Tetapi ketika niatnya tidak ikhlas, mungkin amalannya diterima tetapi urusan pahala sudah ranah kebijakan Allah. Kalau menolong orang dengan hati yang ikhlas dan ramah dalam artian tanpa emosi, insyaaAllah pertolongan itu jadi berkah buat yang menolong dan pasti Allah sukai hal itu.
_____
Pertanyaan 4 :
Min, semenjak kuliah saya jadi futur bngt nih, apa yang harus dilakuin, apa lagi ditambah tugas yang menumpuk, saking bingungnya sampai nggak memperhatikan pola tidur&  makan , kesehatan badan & hati saya jadi terganggu?
Jawab :
Dekati yang punya hati dan tubuh ini. Perbanyak istighfar, sholat dan sabar. Karena 2 wasilah penolong yg dianjurkan oleh Allah ialah sabar dan sholat. Ketika sholat perbanyak istigfar dan dzikir. Jangan lupa cari teman-teman yang sholeh yang mengingatkan kita kalau kita futur. Jangan lupa sempatkan baca Al-Qur’an, dan sempatkan untuk menghadiri majelis ilmu.
Wallahualam
_____
Pertanyaan 5 :
Apa arti tuhan?
Jawab :
Tuhan adalah Allah Yang Maha Esa.
Tidak ada sekutu baginya. 
Hanya Allah saja yg berhak kita sembah, tidak ada sesembahan lain selain Allah. Maka dari itu penting bagi kita untuk bertauhid (mengenal dan mengerti bahwa pencipta alam semesta ini adalah Allah, mengenali keesaan Allah dan mengenal Asma dan sifat Allah (asmaul husna)). Kita harus yakin bahwa Allah adalah pencipta, pengatur, pemelihara, dan penguasa alam semesta ini.
Adapun hakikat tauhid disini, hakikat tauhid yaitu pemurnian ibadah kepada Allah (menghambakan diri hanya kepada Allah secara murni dan konsekuen dengan menaati segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya, dengan penuh rasa rendah diri, cintaa, harap dan takut kepada Allah)
Karena kita diciptakan oleh Allah untuk beribadah kepadanya (Dalam Qur’an Surah Adz-Dzariyat : 56, Allah berfirman yang artinya “Tidak aku ciptakan jin dan manusia melainkan hanya untuk beribadah kepada-Ku” ).

_____
Pertanyaan 6 :
sbnernya mau tanya aja tentang kasus poligami, nikahsiri dan nikah kontrak itu bgmn ya min?
soalnya banyak info simpang siur tentang hal itu, dan biasanya temen2 non is pertukaran pelajar gtu, pada nanya tentang hal itu, tp karna masih ragu jd kujawab sebisanya sih
dan kudengar dr buku-buku, cara-cara itu dijadikan alat utk menjelekkan islam diluar sana
Jawab :
Poligami diperbolehkan dalam islam dengan maksimal 4. Dalilnya ada di Q.S An-Nisa ayat 3. Yang intinya menikahi wanita dua, tiga atau empat. Akan tetapi ketika dirasa tidak mampu, maka nikahkanlah satu saja.
Nikah siri? Nikah kontrak? Setau mimin tidak dianjurkan dalam islam. Karena nikah siri dan nikah kontrak itu tidak mencakup dari syarat wajib dan sah dari nikah yaitu jika dalam nikah sirih biasanya tidak ada wali. Sedangkan dalam islam wali itu wajib dalam suatu pernikahan yang sah.

Wallahualam
_____
Pertanyaan 7 :
Bang bingung nihhhh, kan dr kemaren lagi pada heboh pemura, politik segala macam berjalan, banyak yg buruk tapi ada juga yg baik, kalo menurut islam, politik tuh harusnya gimana sih, maksudnya politik yang sesuai dengan agama islam, terimakasih
Jawab :
Bismillah terkait dengan pertanyaan tersebut, secara hukum islam politik dalam islam diperbolehkan dengan memandang maslahat ketika kita tidak ikut terlibat dalam politik. Ketika kita tidak mau terlibat dalam politik dan ternyata justru kekuasaan yang memegang adalah orang-orang yang dzolim itu kita wajib terlibat untuk mencegah hal itu terjadi, ini sama saja ketika kita tau adanya hal buruk di sekitar kita dan kita malah membiarkannya, itu justru akan meninggalkan mudahkan yang lebih besar, dipahami saja bahwa politik itu hanya salah satu wajihah untuk kemaslahatan ummat, dan untuk politik sendiri ada pembahasan tersendiri terkait politik dalam islam dalam buku “Siyasah Syar’iyah”.

Maaf kalau ada salah.
 Wallahu Ta’ala’ Alam Bishawab

Hamasah Lillah
Jika merasa kurang berkenan bisa menghubungi OA Line KMI dan persiapkan pertanyaan untuk sesi selanjutnya^^
 وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Informasi mengenai CBK lebih lanjut hubungi OA LINE KMI UPNVYK(@ouj1739e)
Atau https://line.me/R/ti/p/%ouj1739e

Leave a Comment