Curhat Bareng KMI (CBK) – 13 Mei 2017

Assalamu’alaykum warohmatulllahi wabarokatuh
Berikut pertanyaan beserta jawaban dari CBK(Curhat Bareng KMI) 
yang diadakan pada Hari Sabtu, 13 Mei 2017
Semoga bermanfaat dan menambah wawasan^^
Pertanyaan 1:
Perlu kah indonesia di terapkan sistem khilafah?
Jawab:
       Mungkin secara formal nya tidak perlu, karena Indonesia sendiri sekarang secara kontekstual sudah merupakan negara islam. Pun menurut dua ormas islam terbesar, negara ini sebagai darul ahdi wa syahadah, yang berarti negara kesepakatan, negara konsensus, negara perjanjian. Pada saat itu umat islam sudah berjanji dengan sistem negara yang sekarang yaitu demokrasi, kita sebagai penerus tinggal mengisi dengan hal hal yang positif. Pun ada kewajiban untuk menuruti sang kepala negara selama masih bisa sholat.
       Dan mengutip dari bapak Soekarno bahwa yang harus diambil adalah api islam bukan abu nya, sehingga apapun itu sistem negara nya yang penting didalam nya terdapat spirit islam, nafas islam.

Pertanyaan 2:
Saya punya teman non islam dan dia selalu mengucapkan astaghfirullah, Allahu Akbar,  alhamdulillah dsb. Bagaimana islam memandang seperti itu?
Jawab:
       Dalam kacamata islam, itu tidak berdampak apapun, karena syarat tiket diterimanya amal harus masuk islam terlebih dahulu. Sebenarnya kasusnya bermacam-macam tergantung motif dari orang non muslim yang mengucapkan kata-kata tersebut :
  1. Ada yang karena terbiasa dan terbawa oleh lingkungan yang mayoritas muslim. Mudah-mudahan bisa menjadi jalan hidayah dengan disadarkan atas arti kata-kata tersebut lebih dalam dan rahasia-rahasianya yang menakjubkan.
  2. Ada yang karena hendak menjadikannya permainan dan pelecehan. Ini seperti memegang pisau untuk menusuk diri sendiri, sebenarnya mereka sedang menghina diri sendiri dengan melakukan itu. Oleh karenanya perlu dilarang dan dicegah dan diberi pengarahan, bisa dengan cara keras atau halus.

         Secara umum kata-kata tersebut tidak bermanfaat bagi mereka karena artinya belum dimengerti. Sama saja orang muslim juga meskipun banyak mengucapkan lafadzh tersebut kalau tidak mengerti makna dan hakikatnya maka ibarat orang meracau saja.

Wallahualam
Hamasah Lillah
Jika merasa kurang berkenan bisa hubungi OA Line KMI dan persiapkan pertanyaan untuk sesi selanjutnya^^
Wasalamu’alaykum warohmatullahi wabarokatuh
Informasi mengenai CBK lebih lanjut hubungi OA LINE KMI UPNVYK(@ouj1739e)

Leave a Comment