Curhat Bareng KMI (CBK) – 11 November 2017

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ 


 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 
Berikut pertanyaan beserta jawaban dari CBK(Curhat Bareng KMI) 
yang diadakan pada Hari Sabtu, 11 November 2017(17.00-20.00)
Semoga dapat bermanfaat

___
Pertanyaan 1 :
Gimana caranya biar rajin sholat?
Jawab :
1. Terketuknya hati seorang hamba bahwasanya sholat adalah salah satu bagian dari Kewajiban yang telah Allah Ta’ala tetapkan adalah sebuah keniscayaan yang harus diyakini dan harus difahami sehingga sikap keistiqamahan atau rajin dalam menjaga sholat akan tumbuh dengansendirinya. Untuk menghadirkan keyakinan dan kefahaman tersebut maka seorang insan dapat mulai menghadiri kajian atau membaca dari beberapa buku keislaman yang mampu menjawab pertanyaan kewajiban sholat.
2. Fahamilah manfaat dari sholat.
3. كل نفس زاءقت الموت
Ayat Alquran itu mengartikan bahwa setiap dzat hidup itu pasti menemui mautnya. Maka fahamilah bahwa umur hidup kita di dunia ini tidaklah selamanya. Jadikanlah dunia ini sebagai pengumpulan bekal untuk kehidupan setelah kematian kelak. 
4. Lakukanlah Muhasabah atauEvaluasi terhadap diri sendiri, sehingga kita mampu memahami permasalahan dari diri kita sendiri.
5. Berdoa, Berdoalah agar Allah Ta’ala memberikan kemudahan kita dalam berproses menjadi insan yang lebih baik lagi
_____
Pertanyaan 2 :
Jadi gini. Saya sama temen-temen saya tuh banyak banget tugas kuliah. Tapi masih ada tugas dari magang diorganisasi. Nah, menurut admin mendingan ngerjain yang tugas kuliah apa tugas organisasi dulu? Kalo tugas kuliah tuh buanyak bgt, sedangkan tugas organisasinya itu deadline-nya hari ini. Gimana ya min ? Mohon solusi
Jawab :
Sebenarnya antara tugas kuliah dan tugas organisasi sama sama penting, karena kedua nya mengandung asas kebermanfaatan. Tinggal dari kitanya sendiri bagaimana me-manage waktu dengan baik, kita harus tau dulu mana yang lebih urgent.
Ketika tugas kuliah yang buanyak itu punya deadline yang lumayan panjang, mulailah mengerjakan sedikit demi sedikit sejak diberikan tugas, jadi tidak menumpuk diakhir ketika akan pengumpulan tugas. Begitu pula dengan tugas organisasi, pastinya diberikan deadline yang lumayan cukup untuk mengerjakannya, mulailah mengerjakan sedikit demi sedikit sejak diberikan tugas.
Disini kasusnya tugas kuliah yang banyak sedangkan tugas organisasi yang dikejar deadline, saran saya sih kerjakan dulu yang tugas organisasi karena memang sudah deadline nya hari ini, sebenernya ini keputusan yang agak gegabah karena memang kasusnya lumayan ribet. Jadi memang sejak awal diberikan tugas seharusnya mulailah dicicil sedikit demi sedikit sehingga tidak menjadi beban diakhir, kecuali kalau mba seorang deadliners hehe..
_____
Pertanyaan 3 :
Sebenarnya aku bingung dakwah yang gimana yang dipikirkan banyak orang, khususnya KMI, Sedangkan orang terdekat atau sekeliling mereka aja…
Macam aku gini, mereka gak peduli, gak mau deket, gak mau survive ngajak kebaikan…
Jawab :
Sesungguhnya arti Dakwah ialah sebuah proses dimana mengajak dalam hal kebaikan, kepada siapapun, pun juga harus dengan cara yang baik pula..
Dan didalam KMI ikhtiar dakwah ini terus dilakukan hingga merata terhadap semua lini, adapun kondisi dakwah KMI saat ini sedang berikhtiar dan tetap berusaha dalam menebar kebaikan yang lebih luas, kepada pertanyaan mas/mbak ini kami ucapkan terimakasih jazakallahu khayron, karena dengan begitu akan menjadi pengingat kembali tujuan dari KMI itu sendiri..
____
Pertanyaan 4 :
Kontribusi apa yang udah KMI kasih ke mahasiswa muslim di UPN untuk dakwahnya?, Banyak dari temen2 saya yang muslim yang ndak tau KMI itu apa, kok bisa jadi PUSKOMDA itu dari mana parameternya?
Jawab :
Kontribusi yang kemudian hingga saat ini diberikan untuk seluruh mahasiswa muslim UPN, ialah dari sektor UKM dan HMJ yang mana telah terjalinnya keharmonisan hubungan sehingga seringkali KMI diundangan untuk sesi pengisi kajian nya, dan membuka layanan CBK (Curhat Bareng KMI) yang tujuannya adalah untuk memberikan solus atas permasalahan yang dihadapi oleh temen temen.
Parameter KMI menjadi Puskomda ialah ada 3, pertama LDK mandiri ditinjau dari legalitas kampus, Kedua ditinjau dari kondisi kader hanya melihat dari jumlah kader, Ketiga Kefahaman kader mengenai ke-FSLDKan, karena KMI pernah menjadi tuan rumah dalam acara Milad FSLDK ke-30 dan mereka menganggap acara tersebut sukses, maka mereka menyimpulkan bahwa kefahaman kader terkait FSLDK sudah cukup baik.
_____
Pertanyaan 5 :
Min, pacaran itu dosa ga?
Jawab :
Jadi begini, mungkin ini agak kurang lembut, jadi maafkan kalo kurang berkenan hehe..
“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (QS Al Israa : ayat 32)
Mendekatinya saja udah tidak boleh mba, apalagi hal yang lebih dari itu. Karena tidak bisa dinafikkan lagi kalo sudah “pacaran” itu bisa melakukan hal yang mendekati zina bahkan bisa sampai zina. Ingat, saling memandang saja bisa tuh sampai zina wkwk..
Jadi sebisa mungkin menghindari pacaran mba, lebih baik masa muda mba disibukkan dengan halhal positif penunjang masa depan yang lebih baik hehe..
_____
Pertanyaan 6 :
Galau antara mau tidur apa belajar atau nonton tivi atau makan
Jawab :
Mungkin dilihat dulu prioritasnya, kalau memang sedang butuh istirahat, ya istirahat saja dulu. Jangan pernah memaksakan diri untuk melakukan hal yang lebih, karena tubuh kita juga punya hak yang harus dipenuhi hehe..
Nah, hal ini juga berlaku untuk makan juga, tubuh kita juga butuh asupan gizi, jadi ya kalo lapar mending makan dulu dah. Nah, kalau tubuh sudah nyaman kan buat aktivitas yg lain juga bakal lebih nyaman hehe..
_____
Pertanyaan 7 :
Hukum rokok apa?
Jawab :
Nah ini nih, dari kebanyakan ulama menyepakati bahwa hukum merokok adalah haram karena rokok secara mutlak dipandang membawa banyak mudarat. Berdasarkan informasi mengenai hasil penelitian medis, bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit dalam, seperti kanker, paru-paru, jantung dan lainnya setelah sekian lama membiasakannya. Nah, hal diatas juga sesuai dengan dalil dari al-qur’an,
“Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (Al-Baqarah: 195).
Dan dari hadist,
Dari Ibnu ‘Abbas ra, ia berkata ; Rasulullah SAW. bersabda: Tidak boleh berbuat kemudaratan (pada diri sendiri), dan tidak boleh berbuat kemudaratan (pada diri orang lain). (HR. Ibnu Majah, No.2331).
Namun, ada juga sebagian kecil ulama yang mengatakan kalo rokok itu makruh. Ini semua kembali lagi ke diri masing masing, tapi perlu diingat Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik hehe..
Wallahualam
_____
Pertanyaan  8 :
Kan yang saya tau perempuan itu lebih baik kalau sholat di rumah. Nah saya kan pernah lihat ada mba-mba dan saat itu sudah adzan nih dan posisi mbanya juga sudah berada dimasjid tapi dia ga sholat dimasjid tapi pulang sholat di rumah. Kan bukannya malah seperti mengundur-undur waktu sholat ya? Nah itu menurut mimin bagaimana?
Jawab :
Memang dalam sebuah hadits menyebutkan bahwa wanita lebih baik berdiam diri di rumah, sholat di rumah lebih disukai Allah. Tapi kalau memang mau ke masjid maka tidak boleh dilarang. Asal, ketika ke masjid tidak berdandan yang berlebihan dan segera pulang ke rumah. Karena ditakutkan menimbulkan fitnah. Tetapi kalau dilihat di jaman sekarang, terkadang ada yang berpikiran, masa ke masjid ga boleh, tapi kuliah gapapa. Boleh kok, asalkan yang tadi dijelaskan dan tidak banyak mudharatnya. Karena sunnah seorang perempuan pada hakikatnya melaksanakan sholat dirumah
_____
Pertanyaan 9 :
Assalamualaikum min,  saya mau curhat min. Saya ini pengen banget istiqomah min, tapi banyak banget hal-hal yang gak bisa saya hindari dan terkadang itu bisa menjauhkan saya dari keinginan saya untuk istiqomah. Mungkin mimin punya wejangan nih min makasih min
Jawab :
Tips istiqomah :
1. Niat karena Allah, kalau niat hijrah karena Allah pasti tidak akan terpengaruh dengan selain Allah. Percaya bahwa hamba yangmendekatkan diri ke Allah tidak akan rugi. Pasti akan mendapatkan keberkahan dan rizqi dari arah yang tidak disangka-sangka.
2. Ikhtiar terus, seperti nambah ilmu terus, karena bisa jadi dengan mencari ilmu agama, lebih terbuka pintu-pintu hidayah. Ikhtiar lain selalu dilingkungan yang baik. Karena teman yang baik bisa memberikan semangat dalam beribadah.
3. Terus berdoa kepada Allah agar selalu diberi hidayah dan keistiqomahan, karena hidayah juga bisa sewaktu-waktu dicabut lagi.
Wallahu’alam
_____
Pertanyaan 10 :
Kan gini, ana ini baru tau tadi sekali kalau ruqyah itu menutup kesempatan menjadi salah satu dari 70 ribu orang yang masuk syurga tanpa hisab. Naaah ana dulu pas semester awal tuh pernah ikut ruqyah masal yg pernah d selenggarain di Masjid N**, tp itu jelas ana bener-bener ndak tau hadits tersebut, selain itu niat ana pure untuk ngilangin jin yang ada di diri ana (kalau ada), dan katanya ruqyah itu boleh adanya dan baik. 
Pertanyaannya : Apakah ana terhitung jd orang yg sudah teruqyah atau ndak? 
Dan ana masuk kesempatan itu ndak ya kalau menurut cara pandang manusia (karena kan jatuhny wallohualam, hanya allah yang tau)?
Jawab :
Yaps, orang yang tidak diruqyah memiliki kesempatan menjadi salah satu manusia yang masuk syurga tanpa hisab. Tapi kalo sudah terlanjur bagaimana? Karena dalil nya baru tau sekarang?
Jika kita berkaca pada dalil yang lain, Allah mengampuni dosa seorang hamba karena lupa, tidak tahu dan tidak sengaja. Dari dalil tersebut, tentu yang punya hak untuk memasukan kedalam syurga hanya Allah. Karena itu hak prerogatif Allah. Tapi positif thinking saja, karena Allah sesuai dengan prasangka hambanya kok. Positif saja kalau Allah mengampuni kita.
Dan ruqyah itu boleh. Yang lebih disarankan jangan diruqyah dengan orang lain. Tetapi ruqyah diri sendiri, ada itu caranya.. Karena ruqyah diri sendiri insyaaAllah masih diberi tiket sebagai manusia yang masuk syurga tanpa hisab.
Wallahualam
_____
Pertanyaan 11 :
Ada seorang teman yang orang tuanya menjalankan sholat 5 waktu, sholat sunnah, berpuasa sunnah, mengaji, tetapi masih menjalankan “perjudian” yg dikarenakan lingkungan. Dulu sempat bertaubat karena anaknya yang menjadi taruhan. Lalu saat ini si anak sudah beranjak dewasa dan hidup diperantauan. Kira-kira bagaimana cara anak tersebut memberi nasehat kepada orang tuanya? (Fyi : orang tua tersebut susah diberi nasehat kecuali dengan kakaknya dan kakaknya sudah meninggal dunia sehingga tidak ada lagi orang yg dipatuhinya).
Jawab :
Bagi siapapun dan dimana pun berada, semoga iringan doa bagi antum orangtua antum beserta keluarga antum semoga Allah disatukan dalam indahnya hidayah sunnah Amin.. 
Sebelum kita menyimpulkan dan mengatakan orangtua kita itu sulit menerima kebenaran yang kita bawa, hal yang kemudian perlu antum fahami ialah Muhasabah atau intropeksi diri. Pertama muhasabah doa sudah seberapa banyak doa yang sudah kita panjatkan untuk orangtua kita, yang kedua masih tentang muhasabah sudah seberapa sering kita berbagi ilmu kepada orangtua kita, ingat ikhwan pada saat dulu orangtua kita hidup pada zaman yg dimana kajian ilmu masih belum ramai sama seperti sekarang ini, maka antum harus memiliki udzur dalam menyampaikan nasihat kepada orangtua kita karena dengan memiliki udzur akan menciptakan sikap ma’ruf dalam kita bersikap. Terus lakukanlah ikhtiar karena ikhtiar adalah ranah yangkemudian harus dilakukan dari seorang hamba dan untuk hasilnya silahkan pasrahkan segalanya kepada Allah ta’ala biarkanlah takdir Allah yang menjalankan dan menentukan hasilnya.
Karena apa antum harus berusaha? Karena berusahalah untuk jadi kunci pemegang pembuka pintu hidayah, karena dengan begitu akan memiliki ganjaran dari Allah ‘aza wa jallah..
NB : Penjelasan lebih detail dan beberapa cerita kisahnya dapat antum lihat di cuplikan video dibawah.
____
Pertanyaan 12 :
Temen saya berhijab, agamanya lebih paham daripada saya, tapi pacaran. Nah saya bingung tuh.
Jawab :
Hijab dan akhlak itu sesuatu yg berbeda, mungkin tidak serta merta dengan melihat fisiknya aja. Paham tidaknya tentang agama itu juga relatif, kalau temannya tau ilmunya bisa jadi dia belum dipahamkan atas ilmu tersebut atau hatinya belum diberi cahaya untuk mengamalkan ilmunya. Perlu digaris bawahi, jangan mudah menjudge orang dari luar, karena kita tidak tau hati seseorang dan akhir hidup seseorang, bisa jadi yang ahli maksiat akhir hidupnya jadi ahli ibadah dan sebaliknya. Tetep doakan aja yg terbaik buat temannya. Wallahu’alam
_____
Pertanyaan 13 :
Bagaimana KMI menanggapi politik kampus?
Jawab :
Politik sejatinya bermacammacam cara pandangnya. Ada sekelompok yang membolehkan, ada yang tidak.
Kalau KMI sendiri menanggapi politik kampus dengan hal yang baik. Maksudnya berpolitik itu boleh kok. Rosul saja dulu berpolitik. Dengan mengumpulkan seluruh petinggi semua suku di Makkah untuk memindahkan hajar aswad ke tempat asalnya. Politik Rosulullah seperti apa? Beliau menggunakan kain panjang yang setiap ujungnya dipegang oleh perwakilan dari petinggi suku. Ditambah lagi beliau berpolitik ketika menjadi pemimpin madinah.
Atas dasar itulah, seharusnya kita tidak menutup mata dengan hal yang berbau politik. Baik skala nasional maupun kampus. Karena sejatinya politik itu seperti pisau yang memiliki dua mata, dapat digunakan untuk hal yang berguna jika dipakai oleh orang baik (misalnya tukang potong ayam, koki, dll) atau digunakan untuk hal yang buruk jika dipegang oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab (seperti maling, dll)
Wallahualam bishowaf
___
Pertanyaan 14 :
Kalau kita berNadzar untuk menikahi seorang wanita apakah itu diperbolehkan?
Jawab :
Bernadzar ialah berjanji menurut bahasa. Berjanji ingin melakukan sesuatu jika salah satu hajatnya terkabulkan. Apapun itu, asal di jalan yang Allah sukai dan ridhoi. Tetapi saran nya bernadzar nya yang realistis. Tidak memberatkan diri sendiri. Atau sekiranya kita mampu untuk melakukan. Karena agama islam ini agama yang sempurna. Jangan dibuat susah ataupun terlalu memudahkan.
Wallahu Ta’ala’ Alam Bishawab

Hamasah Lillah
Jika merasa kurang berkenan bisa menghubungi OA Line KMI dan persiapkan pertanyaan untuk sesi selanjutnya.

 وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُهُ
Informasi mengenai CBK lebih lanjut hubungi OA LINE KMI UPNVYK(@ouj1739e)
Atau https://line.me/R/ti/p/%ouj1739e

Leave a Comment